Pages

Minggu, 02 Juni 2013

Resume Materi Pembuatan Blog

           Blog / web blog merupakan suatu bentuk catatan pribadi berisi informasi terkini dan disajikan secara runtut (kronologis) dari penulisnya. Blog juga dapa disebut sebagai jurnal pribadi yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari penulis (blogger) serta pemikirannya. Blog yang kita buat hendaknya merupakan blog yang baik dengan cirri-ciri sebagai berikut : isi utama berupa informasi yang bersifat kronologis dan terbagi menjadi beberapa kategori, terdapat arsip untuk berita dan informasi lama, ada tempat untuk comment sehingga pengunjung blog dapat memberi komentar terhadap blog yang kita buat, terdapat link ke web / blog favorit (blogroll), serta informasi yang disajikan dalam blog bukan merupakan hoax (berita palsu).

          Saat ini banyak tersedia piranti pembuat web blog berbasis CMS (Content Management System) seperti joomla, wordpress, Blogspot, dll. Blogspot merupakan piranti pembuat blog yang paling sering digunakan. Berikut ini merupakan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk dapat membuat blog dengan Blogspot :
  1. Harus memiliki akun e-mail yang aktif dari gmail (google mail),
  2. Terlebih dahulu mempersiapkan file-file yang akan di up-load. File tersebut dapat berupa tulisan, foto-foto, video, dan daftar alamat blog atau situs favorit yang hendak disertakan dalam isi blog.
  3. Memahami penggunaan software untuk desain : adobe photo shop, corel, dan software untuk membuat animasi flash : swish, adobe flash
Membuat e-mail dengan google mail
Langkah pertama untuk membuat akun gmail adalah, buka web browser yang tersedia. Kemudian masukkan alamat url-nya (http://gmail.com). Maka akan muncul tampilan kotak merah bertuliskan “buat akun” di pojok kanan atas. Selanjutnya akan muncul tampilan berupa tuntunan dalam membuat akun gmail, cukup isikan segala informasi yang diperlukan, ikuti perintah yang ada kemudian klik “continue to gmail”. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan maka akun gmail sudah jadi dan dapat digunakan.

Membuat blog dengan Blogspot 
  1. Ketik www.blogger.com pada web browser
  2. Akan muncul tampilan untuk memilih (klik) menu “sign up” atau “daftar” yang ada di pojok kanan atas
  3. Ikuti perintah dengan memasukkan alamat e-mail dari gmail dan password yang sudah dibuat, kemudian klik sign in
  4. Maka akan muncul tampilan halaman dasbor blog. Klik tombol “Blog Baru” yang ada di kriri atas tampilan tersebut, selanjutnya akan masuk ke halaman registrasi blog.
  5. Pada kolom judul, isikan nama judul blog yang akan dibuat, misalkan : “Healthy Lifestyle” Judul tersebut nantinya akan muncul pada halaman header blog yang telah jadi.
  6. Pada kolom alamat, isikan alamat url blog kita. Misalnya : qiqihealthylife.blogspot.com
  7. Kita dapat memilih sendiri template/tema yang akan diaplikasikan pada blog yang kita buat. Template merupakan bentuk tampilan blog dengan berbagai gaya. Beragam bentuk template telah tersedia di bawah kolom alamat. Pilih salah satu template, kemudian klik menu “buat blog”
  8. Jika seluruh tahapan tersebut telah selesai, maka blog akan terdaftar di dasbor blog Blogger.

Mengganti template Blogger
Template blog dapat diganti sewaktu-waktu dengan tema lain sesuai keinginan pengguna. Berbagai pilihan template dapat ditemukan dan di unduh pada situs http://btemplates.com/ atau dapat dengan memasukkan key word “Blogger template” pada search engine. Pada halaman situs tersebut tersedia berbagai pilihan templates yang telah dikelompokkan dalam beberapa kategori. Pilih template yang diinginkan, kemudian klik menu “unduh”. Sebagian besar file unduhan templates tersebut berbentuk RAR sehingga perlu di extract lebih dulu menjadi bentuk file biasa, caranya dengan klik kanan pada file unduhan kemudian pilih menu “extract files”.

Mengganti template blogger dari hasil download
1.         Log in pada dasbor blogger
2.         Masuk ke halaman template dengan mengklik tombol pilihan “templates” yang ada pada deret menu sebelah kiri di dasbor blogger.
3.         Klik tombol “cadangkan / pulihkan” yang terdapat pada pojok kanan atas halaman.
4.         Klik “unduh template lengkap” untuk menyimpan template lama (untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan). Kemudian klik “Browse”
5.         Pilih lokasi tempat menyimpan template yang sudah di download sebelumnya
6.         Pilih template yang sudah di download dari situs penyedia template, jika file telah ditemukan klik “open” kemudian klik “unggah”

0 komentar:

Posting Komentar